BATAK | Sahala PROVINSI TAPANULI
Di sini kita berkenalan dan berkumpul untuk membicarakan Adat Batak Budaya Batak Umpasa Batak Dalihan Na Tolu Tarombo Batak Silsilah Batak Tokoh Batak Legenda Batak bahkan bila perlu Lapo tuak yang paling mantap tuaknya.

Songon hata ni umpasa Batak:
Jolo tinittip sanggar, Umbahen huru-huruan,
Jolo sinungkun marga, Asa binoto partuturan.


Karena itulah ciri khas kita orang Batak. Agar kita tahu partuturan kita, kita harus saling menanyakan marga terlebih dahulu.

Hata ni umpasa Batak mandok:
Marhosa-hosa sunting, marsiusungan dompak dolok.
Ala ni lambok ni pakkuling, na holang i gabe jonok.

Umpasa itu kurang lebih berarti "Perkenalan yg akrab dan hangat, dapat membuat hubungan kita menjadi lebih dekat".

Ada beberapa artikel di sini yang mungkin menurut anda kontroversial, saran kami anggap saja artikel kontroversial tsb bersifat "test the water" dan mari di diskusikan dengan kepala dingin.

Mauliate ... Bujur
Follow batakblog on Twitter

Followers

Sahala PROVINSI TAPANULI

Sandal jepit, celana pendek, dan baju biru tahanan polisi adalah seragam baru G.M. Chandra Panggabean. Ketua Panitia PROVINSI TAPANULI itu sejak Rabu pekan lalu ditahan polisi. Anak pemilik harian Sinar Indonesia Baru Medan, G.M. Panggabean, ini disangka mendalangi demonstrasi yang berujung pada tewasnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara Abdul Aziz Angkat, sehari sebelumnya. Saat digiring polisi bersama tujuh tersangka lainnya, Chandra meneteskan air mata. Kawan-kawannya memeluk lelaki 42 tahun itu. ”Sabar, ya,” kata mereka menguatkan.

Dua bulan lalu Chandra dielu-elukan peserta perayaan Natal bersama Sumatera Utara di Siborongborong, Tapanuli Utara. Ia adalah ketua panitia perayaan itu. Biasanya acara serupa digelar di Medan. Tahun lalu untuk pertama kali acara itu diselenggarakan di Siborongborong.

Bagi Chandra, Siborongborong teramat istimewa. Ia membayangkan tanah keluarga besarnya itu bakal menjadi ibu kota Provinsi Tapanuli. Dalam perayaan itu semua mata tertuju pada Chandra. Banyak yang berujar, Chandra kelak menjadi gubernur pertama jika Tapanuli jadi provinsi. Dua pekan sebelum perayaan itu, Chandra memimpin aksi tanam sejuta pohon di sana. Titik pusatnya adalah Desa Silangit, tempat kampus Universitas Sisingamangaraja XII berdiri. Kampus itu milik G.M. Panggabean.

Perlu jalan berkelok bagi Chandra untuk mewujudkan mimpinya. Ia, misalnya, melobi sepuluh pemimpin kabupaten untuk mendukung niatnya. Kesepuluh daerah itu adalah Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Dairi, Pakpak Bharat, Nias, Nias Selatan, dan Kota Sibolga. Jumlah ini merupakan syarat minimal dukungan kabupaten/kota untuk pembentukan provinsi baru seperti diamanatkan undang-undang. ”Ia memang jago lobi dan rajin,” kata Banuaran Ritonga, Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara untuk pembentukan Provinsi Tapanuli.

Soal penetapan Siborongborong sebagai ibu kota provinsi, Chandra pun bermanuver. Mulanya, ia menjanjikan Kota Sibolga bakal menjadi ibu kota—kota di pesisir barat Sumatera yang relatif besar dan memiliki pelabuhan sendiri. Tapi tiba-tiba Candra menyatakan ibu kota provinsi berada di Siborongborong. Kota kecamatan ini bisa ditempuh dengan mobil selama delapan hingga sepuluh jam dari Medan. Menurut Chandra, Siborongborong lebih mudah dijangkau ketimbang daerah lain.

Menurut Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli, Sibolga juga tak ideal sebagai ibu kota karena lahannya paling sempit dibanding banyak kota di Sumatera Utara. Siborongborong dianggap ideal karena tanahnya datar sehingga jika dibangun tak merusak ekosistem. Biar orang tidak kecewa, Chandra menjanjikan Sibolga sebagai pusat perdagangan.

GM Panggabean memiliki tanah luas di Siborongborong. Ia telah pula menyiapkan lahan 160 hektare di sana untuk menjadi kompleks perkantoran, perumahan, serta fasilitas umum dan sosial. Selain itu, lapangan terbang dengan panjang landasan dua seperempat kilometer telah ada. Lapangan ini dapat didarati Boeing 737. Panitia Provinsi Tapanuli juga menyiapkan Tapanuli Tengah sebagai kawasan ekonomi khusus.

Sayang, polisi tak mengizinkan Tempo mewawancarai Chandra. Tapi, sebelum ditahan, ia pernah mengatakan Provinsi Tapanuli bukan soal kekuasaan. Provinsi ini untuk memacu Tapanuli agar tidak tertinggal oleh daerah lain. ”Jadi untuk kesejahteraan rakyat Tapanuli,” katanya.

Belakangan, gara-gara Chandra dianggap ingkar janji, Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah menarik dukungan. Dua daerah ini justru ingin mendirikan Provinsi Tapanuli Barat dengan menggandeng Pakpak Bharat, Dairi, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Padang Sidempuan, dan Nias. Pada saat yang sama, Nias juga mundur dan ingin berdiri sendiri sebagai provinsi.

Akhir tahun lalu bahkan muncul gagasan membentuk Provinsi Sumatera Tenggara. Pengusulnya lima kabupaten: Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara. Jika rencana ini jadi terlaksana, Sumatera Utara tinggal Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Pematangsiantar, Asahan, Tanjung Balai, dan Labuhan Batu.

Usulan soal Sumatera Tenggara ini telah dimasukkan ke dewan perwakilan provinsi. Ada yang bilang Sumatera Tenggara segera dibahas Dewan untuk mengganjal Tapanuli. Tapi ini dibantah Banuaran. ”Sumatera Tenggara datang dengan ulos, Tapanuli tidak,” katanya. Maksudnya, tak seperti Tapanuli yang memperjuangkan dengan ”keras”, Sumatera Tenggara datang dengan baik-baik.

Gagasan membentuk provinsi baru pecahan Sumatera Utara telah mencuat sejak hampir 52 tahun lalu. Ini lahir dari pemikiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, A.N.P. Situmorang. Ia mengusulkan agar Sumatera Utara dibagi tiga. Ia belum menyebut apa nama yang tepat untuk tiga provinsi itu. Tapi pembagiannya adalah provinsi untuk Tapanuli Selatan, Labuhan Batu, dan Asahan dengan ibu kota Labuhan Batu. Kedua, provinsi untuk Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Simalungun dengan ibu kota Sibolga atau Siantar. Ketiga, Deli Serdang, Karo, Langkat, dan Medan dengan ibu kota Medan.

Gagasan membentuk provinsi baru, terpisah dari Sumatera Utara, ini menurut guru besar antropologi Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan, Usman Pelly, lebih akibat kesenjangan ekonomi dan sosial.

Tapi, khusus Tapanuli, kata doktor dari University of Illinois, Amerika Serikat, ini, ada soal lain: masyarakat Tapanuli memiliki semangat untuk menjadi orang nomor satu di kalangan orang Batak. Ini sebagai konsekuensi untuk mendapatkan sahala, kehormatan.

Pada zaman Belanda, Tapanuli, yang berpenduduk Kristen, dijadikan zona penyangga bagi dua pusat Islam terkuat di Sumatera: Minangkabau di selatannya dan Aceh di utara. Membentuk provinsi baru, kata Usman, bukan solusi terbaik. Yang lebih penting, Tapanuli diperhatikan. ”Pemerintah dan kelompok etnis lain perlu lebih sensitif soal pembagian kue ekonomi dan politik,” katanya.

sumber

Sahala PROVINSI TAPANULI related with:


4comments:

Post a Comment

Jolo tiniktik sanggar laho bahenon huru-huruan, Jolo sinukkun marga asa binoto partuturan.

Untuk membalas komentar ke Nama/ Id tertentu, silahkan tambahkan "@" sebelum Nama atau ID komentar yang ingin dibalas/ reply
contoh: @name atau @5867483356795408780.0
Isi Komentar/ Reply

ps:
- Untuk mengetahui ID komentar yang ingin di reply silahkan klik [Comment ID]
- Berkomentarlah dengan tutur kata yang sopan, adalah hal yang manusiawi untuk berbeda pendapat

 
Add to Google Reader or Homepage


Artikel BATAK
Komentar
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

BATAK | Penulis
BATAK | Label
BATAK | Judul
BATAK | Artikel

[TITLE] BATAK: Sahala PROVINSI TAPANULI
[URL] http://batak.blogspot.com/2009/02/sahala-propinsi-tapanuli.html

Back to TOP  
Entries (RSS) | Comment (RSS)



Share

Share
Tweet